Entri Populer

Senin, 31 Januari 2011

INFO WASPADA GEMPA

INFO WASPADA GEMPA
Gempa?????
Siapakah diantara kalian yang belum pernah merasakan gempa?Bagi masyarakat Jogjakarta, Jawa Tengah dan Sekitarnya tentu pernah mengalaminya. Bukan hanya rakyat Jogjakarta yang pernah mengalaminya bahkan hampir setiap pulau di Indonesia pernah terjadi gempa entah berkekuatan kecil atau berkekuatan besar. Mengapa hal ini terjadi?? karena Indonesia yang terletak diantara 3 lempeng yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng India-Australi maka Indonesia berada di dalam daerah rawan gempa. Maka selalu Ingat dan Waspadalah terhadap terjadinya Gempa ini.
Yang Harus Dilakukan SEBELUM  Gempa
1.      Perabot rumah tangga seperti lemari,dll diatur menempel pada dinding (dipaku/diikat) untuk menghindari jatuh, roboh dan bergeser pada saat terjadi gempa. Atur benda yang berat sehingga sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang tergantung yang dapat jatuh pada saat gempa bumi terjadi misalnya lampu.
2.      Mematikan aliran air, gas maupun listrik apabila sedang tidak dipergunakan.
3.      Simpanlah bahan yang mudah terbakar pada tempat yang aman dan tidak mudah pecah, sehingga kebakaran dapat dihindarkan.
4.      Apabila sedang berada didalam bangunan Gedung atau tempat perbelanjaan, perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat apabila terjadi gempa bumi agar dapat mengetahui jalan keluar bangunan atau tempat paling aman untuk berlindung.
Yang Harus Dilakukan SAAT Gempa
1.      Carilah tempat terbuka.
2.      Hindari bangunan yang ada di sekitar anda seperti gedung, tiang listrik, pohon, dll.
3.      Jangan berlari didekat bangunan rumah, pohon menara, dan tiang listrik.
4.      Perhatikan tempat kita berpijak, hindari daerah yang mengalami rekahan tanah.
5.      Jangan menggunakan lift, gunakan tangga biasa untuk keluar dari bangunan bertingkat saat gempa jika memungkinkan untuk keluar.
6.      Lindungi kepala dan badan dari reruntuhan bangunan misal dengan bersembunyi dibawah meja, mencari tempat yang paling aman dari reruntuhan goncangan. Kemudian berlari keluar apabila masih dapat dilakukan.
7.      Keluar, turun, dan menjauh dari mobil untuk menghindari jika terjadi pergeseran dan kebakaran pada mobil.
8.      Jika tinggal dipantai atau berada dipantai, jauhi pantai karena untuk menghindari terjadinya Tsunami.
9.      Jika tinggal di daerah pegunungan, hindari daerah yang mungkin mengalami longsoran apabila terjadi gempa bumi.

Yang Harus dilakukan SESUDAH Gempa
1.      Jangan masuk ke dalam bangunan yang sudah rusak akibat gempa, kemungkinan bangunan tersebut akan runtuh sewaktu-waktu.
2.      Jangan berjalan disekitar reruntuhan bangunan gempa, kemungkinan bangunan yang tersisa akan runtuh saat terjadi gempa susulan.

Referensi from Jogja-Jateng Archqiuck Response, UGM and PMI DIY.
By:ellyeliani____:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar