Entri Populer

Kamis, 03 Februari 2011

DIBALIK SUATU PENYESALAN TERDAPAT KEINDAHAN DI DALAMNYA.

DIBALIK SUATU PENYESALAN TERDAPAT KEINDAHAN
Hemmm....penyesalan!!!!!!!!
Pernahkah kalian menyesali sesuatu yang telah kalian lakukan?tentu pernahkan?saya juga pernah menyesali suatu keadaan akibat perbuatan yang telah aku lakukan, dan ternyata hasilnya tak sesuai dengan kemauan kita. Akan tetapi jangan berputus asa dulu karna dibalik penyesalan yang ada tentu akan ada sesuatu yang menarik yang terkandung didalamnya untuk kita pecahkan.
            Hidup yang telah kita lalui merupakan suatu perjalanan yang sangat berarti. Bagiku hidup merupakan anugerah terindah dari Allah Sang Maha Pencipta dimana kita telah diberi kesempatan yang luar biasa untuk bisa mencari bekal yang sebanyak-banyaknya untuk kehidupan di akherat nanti. Hidup juga sebagai alur yang silih berganti yang saling berkaitan dengan waktu dimana seiring dengan perjalanan waktu ini kita pernah merasakan sedih maupun senang dalam menjalani kehidupan ini. Dan semua kejadian yang terjadi pada diri kita itu terangkum dalam sebuah “Kenangan” entah itu kenangan manis ataupun kenangan buruk. Suatu kenangan yang ada tentu akan memberikan banyak dorongan untuk terus memperbaiki hidup yang lebih baik. Sehingga dengan dorongan tersebut akan ada rasa puas atau kesenangan dalam diri kita terhadap hasil yang telah kita capai.
            Akan tetapi seiring dengan perjalanan waktu dalam menjalani hidup, terkadang kita merasakan suatu penyesalan. Misalnya kita telah menyesal karena telah melalaikan kewajiban kita kepada Allah, menyesal karna durhaka kepada orangtua, menyesal karna telah menghianati orang-orang  yang kita sayangi dan  menyesal karna telah berbuat salah untuk yang keberapa kalinya. Tentu penyesalan-penyesalan tersebut sangat membuat hati kita tidak nyaman, terutama batin kita merasa tak mampu untuk mengatasi betapa sakitnya sebuah penyesalan sehingga penyesalan ini kadang kala dapat membuat kita lesu dan bahkan tak bersemangat lagi dalam mencapai tujuan yang kita harap. Akan tetapi selalu ingatlah bahwa penyesalan yang ada bukanlah akhir dari segalanya. Penyesalan juga bukan merupakan suatu makna yang buruk, justru dengan penyesalan yang ada hidup akan semakin menjadi lebih berarti dimana kita telah mendapatkan pelajaran dari kejadian sebelumnya atau belajar dari pengalaman. Oleh karena itu kita dapat menentukan arah yang benar sehingga kita akan makin berusaha menjadi seseorang yang lebih baik.
            Hal yang mungkin dapat menjadikan suatu penyesalan menjadi hal yang indah yaitu mungkin dengan cara melampiaskan penyesalan tersebut dengan bentuk nyayian, tangisan, tulisan, syair ataupun juga dapat dilakukan dalam bentuk bertingkahlaku positif lain. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk menenangkan batin kita sehingga kita dapat meredakan emosi yang ada. Setelah kita tenang, cobalah mencari solusi yang baik untuk mengatasi penyesalan-penyesalan yang ada. Oleh karena itu, hidup tidak akan pernah sia-sia, hidup akan semakin terang saat kita berhasil untuk melepaskan penyesalan dan merubahnya menjadi sesuatu yang sangat indah. Karena penyesalan yang ada harus kita jadikan sebagai acuan untuk menata kehidupan yang lebih baik lagi.
            Ketika penyesalan datang pada diri kita, kita menyadari bahwa manusia merupakan gudangnya salah dan kekurangan,karna kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Tapi kenapa manusia masih terus menerus berbangga hati dengan kesombongan yang ada pada dirinya, berbangga hati dengan segala kekurangan yang dimilikinya, berbangga hati dengan kesalahan-kesalahan yang telah dilakukannya, yang pada akhirnya hanya akan melahirkan sebuah penyesalan saja. Disinilah letak keistimewaan Allah dimana Allah selau menciptakan sesuatu yang bermakna dan tentu akan bermanfaat bagi hambaNya apabila mampu untuk melakukannya dengan usaha yang sungguh-sungguh tentunya. Karena dengan usaha yang sungguh-sungguh Allah akan selalu membukan pintu kemudahan untuk kita. Sebuah Ironi jika kita sebagai hambaNya hanya mampu untuk mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama yang telah kita lakukan dan hanya menyesali secara terus-menerus tanpa memahami makna dibalik semua ciptaanNya. Oleh karena itu kita harus selalu Introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dimana kita dapat belajar lagi pengalaman. Bukankah memang benar bahwa Guru yang paling baik adalah belajar dari Pengalaman?Setuju kan.....
Nah, disinilah letak keindahan dibalik suatu penyesalan. Dimana kita dapat menjadikan penyesalan yang ada sebagai tolok ukur untuk selalu berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, terus berusaha tanpa menyerah dan tak pernah mengeluh..semangat kawan, semoga tulisan ini dapat menjadikan motivasi pada diri kalian..


By:ellyeliani
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar