Entri Populer

Selasa, 08 Februari 2011

MONSOON

Monsoon adalah suatu sistem sirkulasi angin yang berbalik arah setiap musiman disebabkan oleh perbedaan sifat thermal antara benua dan perairan. Karena pengaruh gerak semu matahari dimana pada 22 Maret Matahari berada di Belahan Bumi Utara dan 22 Desember berada di Belahan Bumi Selatan.

Proses Terjadinya

Sebab terjadinya monsoon sama seperti terjadinya angin laut dan darat, yaitu perbedaan dalam kecepatan pemanasan di darat dan laut oleh radiasi matahari, dimana dalam prosesya menyebabkan perbedaan tekanan udara. Wilayah dengan suhu tinggi mempunyai tekanan rendah, sedangkan untuk wilayah dengan suhu rendah atau dingin mempunyai tekanan rendah dan secara harfiah udara akan bergerak dari tempat bertekanan tinggi ke tempat bertekanan rendah. Namun dengan skala global.
Akibatnya :
}  Gelombang subtropisnya mengarahkan angin-angin timur laut untuk bertiup sepanjang Asia Selatan, menyebabkan air stream kering yang menciptakan langit yang cerah di India dari bulan November hingga Mei.
}  Sementara itu, sebuah sistem bertekanan rendah berkembang di sebelah utara Australia dan angin-angin diarahkan menuju Australia.
}  Pada Muson Musim Dingin Timur Laut, Australia dan Asia Tenggara menerima curah hujan yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar